Riantipuspaandita's Blog

March 2, 2010

Sekolah, Sembuhkan Penderita ADHD

Filed under: psikologi anak khusus — by riantipuspaandita @ 10:12 am

“Semua orang tua diseluruh dunia membutuhkan pembelajaran tentang bagiamana cara untuk mengatasi kebiasan anak yang tidak lazim,” ujar  pemberitaan dari ADHD (Attention-deficit hyperactivity disorder).

Obat yang diberikanpun harus sesuai dengan dosisnya dan tidak boleh diberikan sebelum anak mencapai usia lima tahun, hal ini dinyatakan oleh National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE).

Guru di sekolah biasanya lebih memiliki kecendurungan lebih baik dalam menata kepribadian anak dan bisa membantu menyembuhkannya saat anak belajar di sekolah.

Sekedar mengingatkan ADHD adalah gangguan perilaku pada anak yang terjadi suatu peningkatan aktifitas motorik anak. Gangguan ini telah terlihat sejak masa kanak-kanak, dan dapat dianalisa langsung oleh ahli perkembangan anak (psikolog). Juga akan berdampak pada cara anak berpikir, bertindak dan merasa.

Seorang peneliti mengatakan “Banyak sekali sekolah-sekolah yang didalamnya terdapat anak yang menderita ADHD,” ujarnya seperti dilansir dari BBC.

Sebanyak 365,000 anak yang menderita ADHD sedang dalam masa penyembuhan dan melakukan pengobatan. Namun kebanyakan dari mereka masih sulit untuk mengontrol emosi dan belajar juga sulit berkonsentrasi.

Namun, para peneliti menegaskan dengan sekolah mereka bisa lebih cepat sembuh, karena setiap hari mereka bertemu dengan teman-temannya bermain dan berinteraksi.

Penelitian yang dilakukan di Irlandia selatan, Inggris dan Wales menemukan dengan pembelajaran terhadap orang tua dan program pendidikan bisa mempercepat penyembuhan pada anak dengan penderita ADHD.

Program ini akan memberikan pengetahun kepada orang tua bagaimana caranya menata perilaku di rumah, bagaimana caranya memberikan perhatian kepada orang dan berkonsentrasi dan bagaimana caranya mengatur kepribadian.

http://www.berita8.com/news.php?cat=5&id=4638

Subscribe

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: